Home  > News > Sejarah Inkubator

Sejarah Inkubator

October 9,2015

Tahun 1888 menjadi tahun bersejarah bagi kehidupan bayi prematur. Terobosan teknologi di bidang medis menemukan sebuah piranti yang diberi nama “tempat menetas”. Pemberian nama ini didasarkan pada mekanismenya yang mirip dengan tempat penetasan telur ayam. Alat yang kemudian dikenal sebagai "inkubator" tersebut dirancang oleh Allan M Thomas dan William C Deming.

Edit Elanor Mclean adalah bayi prematur seberat 1 kg yang pertama kali menggunakan piranti tersebut di State Emigrant Hospital, Ward Island, New York pada Tanggal 7 september 1888. Pada awal kemunculannya, inkubator sangat mengundang keingintahuan publik. Selain itu, belum tersedianya bansal bagi pasien neonatal di rumah sakit menjadikan alasan dibukanya pameran inkubator bayi di Coney Island pada tahun 1904.

Terdapat 14 inkubator dengan bayi prematur di dalamnya dipamerkan. Bayi-bayi tersebut adalah bayi prematur dari panti asuhan atau keluarga miskin, yang dibiayai oleh tiket masuk pengunjung pameran.  Pengunjung diharuskan membayar $0,25 untuk melihat inkubator dengan bayi di dalamnya tersebut. Inkubator diletakan sepanjang lorong terbuka dengan pagar pembatas untuk menjaga paparan dengan pengunjung. Dan siapa yang menyangka, bahwa inkubator telah menyelamatkan banyak nyawa.

Pameran yang diadakan di Coney Island ini mengalami kesuksesan. Sebagai akibatnya, setiap anak yang lahir prematur di kota New York bergegas ke Coney Island untuk ditempatkan di pameran, termasuk putri Couney sendiri, yang menghabiskan tiga bulan di sana. Sebab saat itu belum tersedia bansal neonatal serta belum terdapat suplier yang menjual alat kesehatan tersebut.

Pada tahun 1939, menjelang penutupan pameran sebuah artikel di New York menyebutkan bahwa beberapa bayi prematur yang dulunya ditempatkan di pameran telah berhasil tumbuh dengan baik, bahkan diantaranya telah menjadi dokter. Akhirnya pada tahun 1941, pameran ditutup setelah empat puluh tahun memperlihatkan fenomena pembenihan bayi.

Dan saat ini, telah terdapat berbagai produsen dan supplier yang jual alat kesehatan termasuk menyediakan inkubator. Inkubator pun menjadi salah satu fasilitas wajib yang harus disediakan di bansal neonatal bagi Rumah Sakit yang menerima kelahiran bayi prematur.

 

Sumber:

- nyhistory.org/community/premature-babies-coney-island

- ptmedtek.com/